Gambar Diabetes

Hidangan Puasa Untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes bisa menjalankan ibadah puasa. Untuk itu diabetes perlu berkonsultasi terkait perubahan kadar obat kepada dokter terlebih dahulu. Ada masalah hipoglikemi yang harus diantisipasi. Hipoglikemi merupakan kondisi kekurangan kadar gula dalam darah. Hipoglikemia jauh lebih berbahaya dibandingkan hiperglikemia (kelebihan kadar gula ). Hipoglikemia dalam hitungan menit bisa merusak jaringan sel otak hingga rusak secara permanen, sedangkan hiperglikemia prosesnya dalam hitungan hari.

Gambar Diabetes

Hidangan puasa untuk diabetes

Pasien diabetes yang memerlukan obat hipoglikemik oral (OHO) untuk mengontrol gula darahnya  dengan dosis sekali atau dua kali sehari boleh berpuasa, dengan mengeser konsumsi obat pagi ke saat berbuka dan obat sore ke saat makan sahur.

Pasien diabetes yang memerlukan insulin satu kali sehari dapat berpuasa dan mengeser jadwal suntikan insulin kesaat berbuka.Demikian juga penderita diabetes yang membutuhkan kombinasi OHO dan insulin sehari, juga boleh berpuasa. Namun, penderita diabetes yang membutuhkan suntikan insulin dua kali atau lebih tidak dianjurkan berpuasa karena dianggap gula darah tidak stabil. Demikian juga dengan pasien diabetes yang membutuhkan kombinasi OHO dan suntikan insulin dua kali sehari atau lebih tidak dianjurkan berpuasa

Anjuran untuk tidak berpuasa juga berlaku bagi penderita diabetes dengan komplikasi berat, misalnya gagal ginjal atau gagal jantung, penderita diabetes tipe 1, menjalani terapi insulin dosis tinggi, tengah hamil, serta pernah mengalami komplikasi berat seperti toasidosis.

Hidangan buka puasa dan sahur untuk para diabetes bisa sama dengan hidangan yang disajikan dalam keluarga. Yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan kalori dalam sehari, sehingga jangan sampai kurang atau berlebih. Pembagian makanan sesuai kebutuhan kalori perlu diatur.

Yang perlu diperhatikan ;

  1. Kebutuhan kalori tetap sama dengan saat tidak berpuasa.
  2. Gula dalam makanan (lauk-pauk) disesuaikan makanan keluarga.
  3. Pilih masakan dengan kandungan serat tinggi supaya dapat mengendalikan gula darah.
  4. Tetap berolahraga waktu sore hari
  5. Minum obat, konsultasikan lebih dulu pada dokter berapa jumlahnya dan kapan dikonsumsinya.

About: hailmarybk


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *