Cara Merawat Tas

Cara Merawat Tas Berdasarkan Jenis Bahan

Setiap wanita umumnya mempunyai tas lebih dari satu.  Beda bahan tentu saja berbeda juga cara merawatnya. Nah, sekarang simak yuk, bagaimana merawat tas berdasarkan jenis bahannya.

Cara Merawat Tas

Suede

Suede atau yang dikenal dengan beludru ini selain tampilannya cantik juga dapat membuat penampilan kita nampak lebih mewah. Sebetulnya, antara bahan beludru dengan suede ini sangat berbeda. Beludru merupakan kain, bukan kulit sementara suede merupakan kulit yang dibalik serta sudah di samak.

Nah, masalah paling besar untuk tas dengan bahan suede yaitu apabila tersiram tumpahan noda atau kotor. Suede tiak dapat begitu saja dicuci memakai air Namun jangan khawatir, di bawah ini  kami akan berikan tips mudah dalam merawat tas dengan bahan suede

  1. Apabila terkena cairan, hisap cairan memakai handuk yaitu dengan cara menekan handuk di area yang terkena noda selama beberapa menit. Jangan digosok karena dapat membuat noda semakin menyebar.
  2. Apabila terkena noda, teteskn air sedikit saja  hanya pada daerah yang terkena noda. Karena apabila dicuci seluruhnya, maka noda tadi akan melebar kemana-mana.
  3. Apabila noda sulit dihilangkan, pakai handuk yang sudah sedikit dibasahi  menggunakan white vinegar, lalu gosok secara perlahan pada bagian yang terkena noda.
  4. Apabila ketumpahan minyak, segera ambil tepung maizena, taburkan sedikit pada area yang tersiram minyak. Biarkan selama kurang lebih 30enit kemudian sikat tas tersebut secara perlahan.
  5. Ketika dalam kondisi kering, sikat bulu halus suede supaya kembali ke bentuk asalnya. Lalu semprot  menggunakan suede protector.

 

Kulit

Tas kulit merupakan jenis fashion item yang tidak lekang oleh waktu serta bisa membuat orang yang menggunakannya terlihat berkelas. Selain itu kulit merupakan bahan yang memiliki tekstur lentur, awet serta berkualitas untuk dijadikan tas. Nah, supaya tas kulit dapat bertahan lama, silahkan simak penjelasan dibawah ini tentang cara merawat tas kulit yang benar.

  1. Jangan biarkan tas kulit terkena sinar matahari secara langsung sebab dapat merusak teksturnya. Selain itu, sinar matahari bisa membuat warna tas menjadi lebih cepat pudar serta kusam
  2. Jika ingin membersihkan, gunakan kain lembut yang sudah diolesi dengan lotion, sabun khusus atau bahan alami contoh minyak zaitun dan jeruk lemon. Pakai gerakan satu arah saat menggosok tas, contoh gerakan dari atas ke bawah.
  3. Apabila ada noda yang membandel dan sulit dihilangkan, oleskan cat kuku yang memiliki warna mirip dengan tas guna menyamarkan noda itu
  4. Ketika sudah tidak dipakai, simpan tas kulit di dalam lemari yang sudah dilengkapi kamper ataupun silica  gel guna menyerap kelembaban. Kemudian bungkus tas dengan dust baguntuk melindunginya dari debu
  5. Jangan letakkan plastik didekat tas sebab bahan plastik bisa menyerap warna pada kulit luar tas sehingga nanti akan muncul noda seperti jamur di tas, bahkan kulit tas dapat terkelupas apabila menempel dengan bahan plastik dalam jangka waktu yang lama.

 

Kanvas

Bahan kanvas adalah kain buatan pabrik yang memiliki tekstur serat tebal, kaku, kuat dan tahan lama. Jenis tas ini cukup populer sebab tidak sulit dalam merawatnya dan tidak mudah rusak. Berikut ini cara membersihkan tas yang berbahan kanvas:

  1. Sebelum dibersihkan, masukkan tas dengan kertas atau koran hingga penuh. Tujuannya agar bentuk tas tidak berubah saat anda  membersihkan bagian luarnya.
  2. Sediakan sebuah wadah boleh mangkok atau baskom kecil kemudian tuangkan air secukupnya. Setelah itu celupkan kain lembut lalu peras. Usap semua sisi  tas menggunakn kain basah tadi secara perlahan. Cara ini dapat menghilangkan beberapa kotoran yang ada di bahan kanvas tersebut
  3. Tambahkan sedikit sampo untuk bayi ke kain. Remas-remas kain hingg mengeluarkan busa lalu usap ts memakai kain itu.
  4. Bilas kain menggunakan air bersih kemudian peras.  Saat kain sudah bersih, usap tas guna menghilangkan sisa sampo yang masih tersisa.
  5. Keringkan tas secara alami yaitu dengan cara diangin-anginkan, jangan terkena cahaya matahari secara langsung. Diamkan selama satu malam atau 6jam
  6. Ketika sudah tidak dipakai, simpan tas didalam lemari dengan ditambahkan kamper atau silica gel supaya kelembabannya tetap terjaga.
  7. Jangan terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari bisa membuat warna tas menjadi pudar

Nah, gampang bukan untuk merawat  tas. Sudah seharusnya saat bisa membeli harus bisa merawatnya.

2 thoughts on “Cara Merawat Tas Berdasarkan Jenis Bahan

Comments are closed.