Cara Merawat Knalpot Motor Yang Benar

Cara Merawat Knalpot Motor Yang Benar

Semua kendaraan mempunyai banyak komponen sebagai satu-kesatuan yang dapat menghasilkan alat transportasi yang nyaman serta aman jika dipakai. Berbicara soal komponen-komponen yang ada dodalam semua kendaraan bermotor tentunya tak lepas dari perawatan yang dilakukan secara berkala supaya bisa mengoperasikan fungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Salah satu perawatan yang wajib diperhatikan dalam setiap kendaraan bermotor yaitu melakukan perawatan terhadap lubang buang atau knalpot pada kendaraan itu sendiri.

Cara Merawat Knalpot Motor Yang Benar

 

Knalpot adalah bagian yang termasuk cukup vital pada semua kendaraan. Knalpot ini memiliki fungsi untuk memproses kembali hasil pembakaran antara bahan bakar dengan oksigen yang terjadi diruang bakar, supaya bisa dimanfaatkan sebagai tenaga tambahan. Jika knalpot tidak bekerja sebagaimana dengan mestinya maka dapat memproduksi proses pemanfaatan hasil pembakaran dari mesin yang tidak optimal. Sehingga sangat mungkin munculnya boros bahan bakar serta tenaga motor yang tidak optimal “Loyo”. Nah disini kami akan menjelaskan tentang cara merawat knalpot original agar anda tidak mengalami masalah-masalah seperti yang dijelaskan diatas.

Akan tetapi sebelum membahas cara merawat knalpot motor original pastinya anda mengetahui apabila fungsi knalpot sebagai alat penyalur gas sisa pembakaran, selain itu juga berguna untuk mendukung penampilan motor. Apa jadinya apabila kendaraan anda seperti motor maupun mobil tanpa knalpot? Tentunya sang owner akan memperoleh caci maki dari seluruh pengguna jalan yang ada. Oleh sebab itu knalpot ini sangat penting serta diperlukan perawatan yang maksimal sehingga suara ataupun peformanya bisa terjaga dalam keadaan prima setiap saat. Nah guna melakukan perawatan knalpot original kendaraan brader dan sista sekalian, ayo kita simak ulasan tips serta trik cara merawat knalpot motor original yang kami jelaskan dibawah ini.

Cara Merawat Knalpot Motor Original dengan Benar

Biasanya knalpot mempunyai masa kerja yang cukup lama. Akan tetapi dengan masa atau usia tersebut kemungkinan timbulnya korosi atau karat pada komponen gas buang yang terjadi disebabkan adanya perbedaan suhu di dalam dan diluar pipa knalpot. Bahkan apabila brader dan sister memiliki tempat tinggal di wilayah yang berdekatan dengan pantai maka korosi akan cepat muncul yang disebabkan oleh kandungan garam yang sangat tinggi pada udara sekitar serta menyebabkan kotoran yang ada lebih gampang menempel jika dibandingkan untuk anda yang memilliki lokasi tempat tinggal jauh dari pantai. Supaya knalpot original anda tetap berada pada kondisi yang maksimal serta memiliki penampilan yang bersih simaklah tips serta cara merawat knalpot motor original berikut ini:

Oke kita akan masuk kedalam cara merawat knalpot motor original yang pertama. Untuk knalpot original atau standar 4 tak yang lebih cenderung kering, panas yang diproduksi mesin akan lebih cepat menyebabkan karat serta kekuningan sebab mempelnya kotoran yang sangat cepat. Oleh sebab itu dianjurkan untuk memanaskan mesin secukupnya, jangan terlalu lama.

1. Bersihkan lubang buang yang ada pada silencer dengan cara mengoleskan oli secukupnya dalam lubang silencer tersebut dalam rentang waktu dua bulan sekali. Hal ini berfungsi untuk mencegah munculnya kebocoran atau mengeroposnya knalpot terutama pada bagian silencer maupun leher knalpot yang jaraknya berdekatan dengan silencer. Sebab apabila terjadi kebocoran atau kropos pada bagian knalpot ini dapat menghasilkan suara yang buruk, tenaga yang terasa tidak optimal serta tidak ramah lingkungan

2. Apabila telah muncul korosi pada knalpot maka harus segera dibersihan kotoran yang menempel tersebut dengan menggunakan sikat yang masih bagus serta kuat. Caranya yaitu menggunakan detergen yang sudah dioleskan di bagian knalpot yang kotor ataupun berkarat. Lalu sikat secara kuat-kuat kotoran ataupun karat tersebut sampai bersih. Apabila kotoran membandel anda bisa memakai sikat kawat supaya lebih gampang ketika membersihkan kotoran atau karat tersebut.

3. Apabila bagian pipa knalpot sudah bersih maka selanjutnya lakukan perawatan dengan cara dibersihkan pada bagian tersebut dengan cara mengoleskan oli bersih di leher knalpot ini secara merata. Kemudian hidupkan mesin cukup selama dua menit supaya oli tersebut bisa menyerap dan lama-kelamaan leher knalpot akan terlihat lebih bersih seiring dengan mengelupasnya oli yang m kepanasan tersebut. Bagaimana cukup gampang kan cara merawat knalpot motor Original tadi? Yuk kita lanjut ke metode berikutnya.

 

4. Cara selanjutnya adalah sehabis mencuci kendaraan atau setelah kendaraan anda kehujanan maka mulai lakukanlah pengeringan pada bagian knalpot ini secara hati-hati. Serta jika diperlukan semprot dengan menggunakan cairan anti karat.

5. Jika bagian silencer knalpot original kendaraan anda terbuat bahan chrome maka lap dengan kain lembut supaya tidak menimbulkan goresan yang mengakibatkan penampilan kendaraan anda semakin jelek. Apabila ada noda yang membandel di bagian luar silencer knalpot bisa diatasi dengan memakai oli bekas yang masih dalam kondisi yang baik.

6. Bahkan apabila karat ataupun noda sangat membandel maka pakailah cairan portex. Sebab dengan cairan ini karat maupun korosi yang membandel dapat dengan mudah menghilang. Akan tetapi anda perlu sangat hati-hati dalam memakai cairan yang sangat kuat ini, bola salah-salah mengenai blok mesin maka dapat melunturkan warna blok mesin ini sendiri.

7. Untuk mengatasi bercak hitam yang disebabkan percikan aspal yang masih baru pada knalpot atau bahkan blok mesin kendaraan anda bisa dibersihkan dengan memakai Pertamax Plus yang dicampur dengan minyak tanah dengan perbandingan 1:2 kemudian oleskan secukupnya pada bercak kehitaman tersebut lalu sikat dengan memakai sikat kecil yang masih bagus. Serta bercak kehitaman sebab aspal tersebut akan menghilang.

8. Selalu lihat dan periksa lubang pembuangan air yang ada pada bagian bawah silencer setiap knalpot. Jika tersumbat maka tusuk lubang pembuangan air tersebut menggunakan lidi atau paku berukuran kecil.

9. Cara merawat knalpot motor original yang terakhir yaitu periksalah kebocoran paking knalpot dan periksa kekencangan baut penyangga knalpot. Sebab apabila hal tersebut terlewatkan dapat menghasilkan proses pembuangan gas yang tak sempurna yang dapat menyebabkan borosnya pembakaran bahan bakar.

Itulah tips serta cara merawat knalpot motor original untuk kendaraan kesayangan anda. Pada intinyanya masih ada banyak metode lain untuk merawat knalpot original agar panjang umur namun kami sudah merangkumkan 10 cara merawat knalpot motor original terbaik yang paling mudah untuk anda lakukan secara mandiri. Anda dengan cukup membaca teliti saja bisa melakukannya dengan kehatian-hatian penuh agar hasil yang diperoleh dapat maksimal. Sebenarnya guna merawat knalpot tidak terlalu sulit, cukup dengan melakukan cara-cara yang sudah dijelaskan secara berkala supaya penampilan serta performa jual knalpot motor dan mobil bisa terjaga dengan baik. Akan tetapi kami menganjurkan dalam memekai cairan portex untuk sangat memperhatikan kadar yang wajib dibutuhkan, sedapat mungkin pakailah sedikit mungkin agar tidak merusak knalpot anda.